RAHASIA CARA LANCAR BERBICARA DI DEPAN UMUM SIAPAPUN AUDIENSNYA | Obrolan Kasur

Kenapa kita harus belajar ngomong?  Bukannya semua orang dilahirin udah bisa ngomong? Bener semua orang bisa ngomong tapi gak semuan...

RAHASIA CARA LANCAR BERBICARA DI DEPAN UMUM SIAPAPUN AUDIENSNYA
Kenapa kita harus belajar ngomong?  Bukannya semua orang dilahirin udah bisa ngomong?

Bener semua orang bisa ngomong tapi gak semuanya bisa ngomong yang bener. Dalam artian jelas, teratur, lancar, menyenangkan, menyentuh hati dan bermanfaat. Oleh karena itu kita perlu belajar memahami apa sebenarnya rahasia seni dalam berbicara terutama ketika berhadapan dengan orang banyak. Jika tidak setuju dengan pendapat di atas silahkan close, tapi jika anda SETUJU silahkan baca peringatan berikut ini dulu sebelum lanjut baca dan terlanjur penasaran dengan ending dari coretan ajaib ini. Sebagai Pemilik Kasur saya ingin menyampaikan 4 hal :

  • Jika anda cuma ingin mencari mukjizat mahir presentasi atau lancar bicara di depan umum dengan instan. Yaitu hanya membaca artikel yang pendek dan hanya memerlukan waktu kurang dari 3 menit, silahkan close artikel ini dan kembali lagi lain kali !
  • Jika anda merasa sudah pandai dan melihat ada yang kurang baik dari coretan ini, maka saya sarankan untuk tidak menghakimi tapi justru membagi apa yang anda tahu itu di kolom komentar!
  • Jika anda sedang mengemudi di jalan, bekerja di kantor atau belajar di kelas, di save aja dulu (Bookmark atau CTRL+D) kesian deadline tugasnya di php in. Kembali lagi nanti!
  • Terakhir dan yang paling penting, sangat direkomendasikan untuk mencari tempat mager yang nyaman dan ditambah favorite song playlist Anda. Dan tentunya akan lebih baik jika ditemani secangkir kopi dan sebatang rokok, sebungkus cemilan atau setidaknya segelas air.
WHY?
karena anda tidak akan sekedar membaca artikel sampah melainkan diskusi dan bertukar pikiran di sini.


Untuk tampilan yang lebih nyaman Pengguna pc, laptop, notebook silahkan tekan F11 Pengguna Ipad, Tab, Smartphone silahkan gunakan mode layar landscape  

Oh ya biar gak brasa kek di ruang kelas yg kaku, selanjutnya gaya bahasanya kita ganti ke bentuk yg lebih friendly ya, anggep aja kita udah temenan dan lagi ngobrol di atas kasur.

Ibarat sebuah perjalanan jauh, langkah awal itu penting, tapi mengetahui dan memahami alasan mengapa kita harus melangkah itu jauh lebih penting. Oleh karena itu mari kita nikmati bagian Preface ini dulu


Prologue

Kemajuan teknologi membuat orang jadi rajin belajar dan suka membantu sesamaseperti saya dan anda sekarang dan itu tidak terelakkan lagi haha. Semoga kita berdua masuk surga yah, Amin Ya Allah, God Bless You.

Kadang gw punya pandangan kalo Google itu ibarat orang tua yang ingin menjodohkan anaknya, berusaha mempertemukan orang yg ingin belajar keras seperti anda dengan orang yg senang berbagi seperti saya di sajian hasil pencariannya. Entah karena masih cinta dengan YahooAnswer! atau karena pengaruh iklan google voice search di TV yg pasti orang-orang jadi pada seneng belajar.

Iya seneng belajar.
Jadi sering nanya dan sering jawab.

Seandainya google itu dosen dan dunia ini ruang kelasnya, pasti kita setidaknya dapet nilai B karena aktif sebagai mahasiswa, rajin nanya suka jawab.

Walaupun kadang nanyanya ngawur jawabnya nganar

Serius … Ada aja yg nanya di google kek ini loh:
 “Jampi-jampian agar si dia bertekut lutut dan mudah diperdaya “

 “Picture”

 “Okay google tampilkan doa jampi-jampian agar mantan ku mau balikan”

 “Picture”

 Dan ajaibnya ada yang bikin blog untuk ngejawab pertanyaan-pertanyaan aneh itu, entah tujuannya apa gw gak terlalu ngerti, dan lebih mirisnya bahkan ada yg suka nanya dan nulis tentang maling loh. Seperti ini :
  • cara gampang menjadi maling yang hebat, kuat, dan rajin
  • rahasia cara jadi maling professional
  • cara mencopet dengan cepat
  • cara merampok rumah
  • cara maling hp teman
  • tips jitu buat yang mau jadi maling mangga
  • cara mencuri hati wanita
Gak usah coba tes searching!!! Apa yg gw tulis di atas berdasarkan fakta saat ini, gak usah di validasi lagi! Yang penting kita tau ada yg manfaatin kemajuan teknologi buat hal beginian, jadi waspada! Yang terakhir keknya gpp kali ya haha itung-itung biar para lelaki semakin peka akan apa yg sebenarnya diinginkan wanita atau bisa tau arti kata "terserah" dari mulut seorang cewek. Tenang! gak semua blogger nulis perihal jelek kok, banyak blogger yang suka ngejawab pertanyaan dengan jawaban yang baik, normal lagi bermanfaat isinya, tapi sayangnya pelit huruf Maksudnya??? Iya, entah karna lagi males nulis atau cuman ngejer keyword seo yg katanya 300  kata udah cukup buat nangkrin di google page one, atau terinspirasi dari blog-blog berita kek *etik.com atau *ivanews.com atau **ibunnews.com ya, padahal udah termasuk authority domain loh. Headingnya doang yg wow, isinya seiprit, terus ngulang2, muter-muter dan ujung-ujung nya gagal paham. Ini yg saya alami loh, kan orang bisa beda-beda siapa tau cara gw baca berita aja yg salah gak bermaksud hate speech ya, peace, ok lanjut ! …. Nah sama kejadiannya kek kasus ketika ada yang nanya ke google “cara berbicara di depan umum” sebagian hasil besar artikel yang elu dapetin kek ini :
  • 3 Cara Agar Lancar Berbicara di Depan Umum yang Terjamin 
  • 20 TIPS LANCAR PUBLIC SPEAKING
  • 11 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum
  • 4 Cara agar tidak gugup berbicara di depan umum
  • 2 Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Berbicara di depan Umum
  • 15 TIPS Cara berbicara di depan umum
Hasil pencarian yg keluar sebenernya bagus tapi ada hal yg menurut gw pribadi ganjil yangg entah kalian sadari juga atau engga. Peryataan dan pertanyaan yang muncul di benak gw antara lain: Ini pertanyaan yg muncul : Kenapa sih rata-rata yg nulis artikel penjelasannya dikit? Kenapa kebanyakan artikel judulnya pakek kata cara cepat, cara instan,7 trik mudah, 6 cara sederhana, 10 langkah mudah. Ini pernyataan yg timbul : hasrat belajar tak terpenuhi karena ada puzzle informasi yg terlewatkan Entah sadar atau tidak point kedua mengarahkan kita ke kata magic.  Seolah-olah semua hal cukup buka google dan semuanya bisa teratasi, Kita jadi lebih seneng sama hal-hal yg instan, mulai males baca artikel yg penjang kek tulisan ini, padahal penting loh baca tulisan panjang kek ini wkwkw Promo :P ..... Memang ada hal-hal tertentu yangg porsinya cukup ditulis singkat dan gak bertele-tele kek jawaban dari pertanyaan cara mengikat tali sepatu dengan cepat, harga gadget ini, info lokasi itu. Tapi ada juga yg harus nya ditulis lebih panjang dan sedikit lebar agar terhindar dari fenomena
“gagal paham”
So, semoga kamu gak gagal paham sejauh ini dan ngerti kenapa musti ada prologue nya dulu ditulisan ini ^_^ Sekarang…. Minum aja dulu, gerakin pinggang, atau nge-rokok dulu barang sebatang, atau ambil charger gih tar lowbet ! Nah kalo udah baru kita lanjut ke tahap yg sedikit serius, dikit aja seriusnya haha …………………………………….
Masih punya semangat kan !? Ada banyak banget yang ngelempar pertanyaan ke google tentang bagaimana cara berbicara dengan baik, lancar, meyakinkan, menghipnotis, atau efektif di depan umum, di sebuh presentasi , kepada seseorang, client dan lain sebagainya tapi lupa untuk mencari dulu definisi komunikasi yg efektif itu seperti apa? Ok, so let’s fuck rock this club dude!

Definisi Komunikasi Efektif

Secara sederhana komunikasi yg efektif adalah ketika orang yg dengerin kita ngoceh, bersikap atau melakukakan hal sesuai dengan yg kita inginkan, atau setidaknya melihat sesuatu itu sama dengan apa yg kita lihat dipikiran kita. That’s it. Simple ! "pic" Tapi kadang, karena tidak paham kerangka dasar seni berbicara, semuanya berantakan dan banyak hal yg berubah setelah Negara Api menyerang. Jangankan untuk ngomong pakek microphone di depan orang banyak atau di suatu acara, ada beberapa orang yg tiba-tiba keram lidah pas mo nemuin dosen buat bimbingan, ngomong ama calon mertua, masuk ruang dosen, presentasi di group kerja dll. W? Apa penyebabnya? Sebelum ngejawab itu coba kalian jawab yg ini dulu, Apakah kalian pernah, sedang di kondisi ini atau ada orang disekililing kalian yg lagi di kondisi ini ? Punya pembimbing skripsi ketua yayasan, dosen killer, atau prof, jangan kan untuk diskusi sama beliau mo nemuin bt bimbingan aja takutnya setengah mati Alesannya anak introvert lah, gak enak lah, pokoknya banyak macemnya lah, ujung-ujungnya skripsi deadline ampe mentok. Iya Yg bikin kesel tuh, sampe kapan kalian mau terperdaya ama penulis-penulis gak bertanggung jawab diluar sana yg memupuk jiwa introvert kalian secara berlebihan dan gak bertangung jawab sehingga anda terus-terusan gagal paham akan diri anda sendiri Mungkin setelah liat satu Display Picture BBM, Liat postingan di IG, ngeklik link di twitter atau baca share-an di facebook elu kemudian berhasil menemukan dan memetakan jati diri yg selama ini lo cari. wah selamet yah. iya selamet kalo perubahan itu yg tadi nya elo pemalu dan ragu melakukan kebaikan ke temen lu, yang selama ini gak peduli lingkungan jadi mau bergaul dan peduli sama hal di sekitar lu, atau bahasa psikologi nya jadi anak ekstrovert yang baik. celakanya kalo elu ternyata tiba-tiba jadi ekspert setelah baca cuman satu postingan yg notabene nya bukan tulisan mendalam dan memutuskan kalo diri lo itu introvert, pemalu tingkat tinggi, silent is the only gold, wajar kalo gak suka bersosialisasi. iya, menag ada tipikal ekstrovert dan introvert. tapi kadang kita lupa kalo semua itu ada kadarnya, dan kadar itu perlu diubah dan dilatih. pernah nonton film inside out ? "pic" sedih dan murung itu gak baik, tapi dari film ini kita belajar ada alasan kenapa kita sedih dan murung lalu sedih dan murung itu outputnya bukan tenggelam dalam duka, tapi ini yang menjadi alasan kita harus berubah dan maju untuk detailnya nonton sendiri deh dan coba ngobrol sama orang-orang yg emang berkompeten di bidang ini biar hidup lu lebih dinamis. "picture" Ya, introvert sih boleh aja, tapi klo urusannya skripsi dan itu skripsi punya elu sendiri, masak gak mau sedikit memberanikan diri dan “menjebak diri kalian sendiri” untuk ngomong + nahan kuping lah dikit kalo pun dimarahin, yg penting bimbingan kelar, trus lulus kan, dimarahin karna salah ngomong dikit itu narutal.
  • Temen : Elu mah bacot doang,  enak lu anak nya extrovert !
  • Gw : shit ! lah
Jadi kebawa emosi ngetiknya, huh, ok balik lagi ke ranah akademis, pertanyaannya kenapa fenomena ini dan fenomena lain yg lebih parah lainnya bisa terjadi.

Karena kita gak paham komunikasi yg efektif  tuh apa dan apa aja elemen dalam suatu proses komunikasi ?

Bagian definisi komunikasi efektif udah tadi ya di atas, sekarang kita bahan unsur-unsur apa aja yg membangun komunikasi itu biar efektif. Menurut Harold D. Laswell dalam The Structure and Function of Communication in Society elemen komunikasi itu,
Who says what in which channel to whom with what effect
Siapa, ngomongin apa, ke siapa, pakek media apa terus efeknya apa
Gak mudeng? Tenang, hidup bahagia aja kadang sederhana apalagi cuman teori komunikasi, bisa disederhanain kok jadi kek ini, woles ah :
  • Elu siapa,
  • mo ngomongin apa,
  • tujuannya apa ?
Bahasa kerennya sih WWF
  • who,
  • what,
  • for what
Dulu pas jaman SMA pas mo nyebarin proposal sponsor pernah bingung gak pas masuk itu kantor ? mo ngomong apa? Atau pas mo nemuin prof td bingung mo mulai gimana ngomongnya? Dan ujung-ujungnya jadi takut, dan ketakutan, sampe pas ada temen nanya kenapa takut dijawab “ya takut aja”. Seriously dude, it happened in my circle !!! Sekarang coba kita aplikasiin teori sederhana diatas. Contoh kasus takut mo nemuin professor buat diskusi atau bimbingan :
  • ketok pintu
  • salam
  • salim (yg ini optional)
  • senyum (yg ini optional)
  • maaf ggu prof, saya mahasiswa akhir dari kelas non reg
  • Prof jawab : iya, ada apa ?
  • begini prof saya membaca buku anu, sesuai dengan materi yg pernah prof singgung sebelumnya, tapi walaupun sudah membaca referensi lain tetap ada bagian yg saya tidak mengerti, apa prof ada waktu buat memberikan penjelasan singkat tentang ini prof?
  • tunjukin materinya atau hardcopy atau coretan mu
  • prof bertindak : mana buku yg kamu baca
          atau
  • prof akan mulai bicara
  • selanjutnya improvisasi sendiri ya
Kenapa kita takut akan hantu? Atau kenapa kita takut akan gelap ? karena ketika manusia tidak bisa mengenal,melihat,dan memahami sesuatu itu maka informasi yg diteruskan ke otak adalah kode 404 alias error, error inilah yg memicu kecamasan dan mempengaruhi hati kita. Iya hati. Hati manusia gampang sekali cemas, terutama pada sesuatu yg baru dan belum pasti, dan kerangka di atas membantu mengurangi prosentasi ketidak pastian yg akan terjadi. Oh ya ibarat perang kalian juga penting observasi medan pertempuran sebelum perang, dalam contoh kasus tadi kalo sekiranya jam nanggung makan siang, akan lebih baik berbicara sama prof nya ketika selesai mamam siang atau selepas sholat. Dan mulai lah sensitive sama hal-hal kecil seperti ini untuk mengurangi resiko salah timing. Contoh kasus pertama kali nganterin proposal ke sponsor dan saya orang nya introvert, huh :
  • turun motor, jalan ke pos satpam tanpa nyengir-nyengir
  • selamat pagi pak
  • iya dek ada apa? Atau iya dek dari mana (biasanya gak jauh-jauh dari itu pertanyaannya)
  • saya siswa sekolah anu pak, mau ketemu pak anu atau mau ketemu bagian anu pak
  •  sebelumnya saya udah konfirmasi lewat telpon pak dan disuruh follow up ke kantor hari ini
  • oh ya silahkan tinggalin id ktm/pelajarnya, isi buku tamunya,
  • kantornya lewat sebelah sini, silahkan
  • makasih pak
  • senyum manis (buat yg ngerasa senyumnya manis aja ya)
who, what, for what Sederhana kan, iya emang kerangka dasarnya sederhana dan ini berlaku ke seluruh jenis percakapan apapun di dunia ini, dan kalo udah jago tar berkembang sendiri, cius, asal paham dasarnya. Okay Let's Move On Jangan  ngomongin cara ngomong di depan orang banyak dulu, atau cara ngomong yg menghipnotis dulu, kita bahas cara ngomong sama orang lain dulu aja, satu orang, yg sederhana dulu. Ok yah Jadi se-nervouse apapun kalian, kalo pakek 3 konsep di atas, orang yg dengerin atau bahasa kerennya anak komunikasi “si komunikan” bakalan ngerti kok apa omongan kalian dan bakalan tetep ngeliat perkataan kalian terstruktur sehingga bisa paham maksud kalian dan mudah-mudahan ngasih respon sesuai yg diharapkan. Sejauh ini dapet sesuatu ???? Ya semoga aja, klo belom coba deh baca lagi dulu dari atas sekali lagi pelan-pelan ! Sebelum kita ngebahas bagian finishing atau anak-anak bahasa nyebutnya choice of word atau wording atau pemilihan diksi atau bagaimana presentasi yang keren di meeting kerja atau di sidang skripsi. Kita akan atasi dulu  penyakit takut, cemas dan keram lidah kalian pas mau bicara. Apa yg akan kita bahas selanjutnya ? Secara sederhana kita akan membagi topic diskusi kita ini ke dalam dua hal yaitu Masalah teknis dan Masalah mental. Dengan meminjam sedikit kerangka dasar seni berbicara anak-anak debat bahasa inggris atau English Debating Society yaitu matter, manner, dan method. kita akan sedikit demi sedikit menyingkirkan ketakutan dan menyembuhkan lidah batu kalian. Yg mau dapet pahala, share dulu aja ke line atau WA ! yg masih penasaran baca ini langsung aja klik link di bawah ya !



0 komentar

SUBSCRIBE

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *